Select Menu
Select Menu

Favourite

KABAR CIREBON

INDRAMAYU

MAJALENGKA

CIREBON

KUNINGAN

JABAR

WONG CILIK

Seni Budaya

Kuliner

» » Waduk Setupatok Kabupaten Cirebon akan dipercantik.


Unknown 02.41 0


MUNDU, (CNC).- Sebagai upaya untuk pencegahan kekeringan di tiga kecamatan Cirebon Timur, Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWSCC) akan memperbaiki waduk Setupatok Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Hal itu dikatakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bidang Konservasi Karyono, saat melakukan sosialisasi rencana rehabilitasi waduk setu patok dibalai desa setempat, Rabu (11/6).

Karyono menjelaskan, setelah diadakan survey sekitar tahun 2005 lalu, studi observasi dan pengukuran maka di tahun ini akan dilaksanakan perbaikan tanggul Setupatok yang bocor. Disamping membuat beberapa lubang hingga ke dasar waduk sebagai penyerapan air.

"Diharapkan kontraktor yang mengerjakan nanti semaksimal mungkin untuk memperbaikinya karena masyarakat dan petani sangat membutuhkan waduk tersebut terutama saat musim kemarau," harapnya.

Menurutnya, bentuk penanganan yang akan dilakukan adalah penanganan rembesan atau kebocoran waduk dengan melakukan Grooting Injeksi terhadap bocoran yang jumlahnya ratusan titik dengan cara diinjeksi matrial semen kemudian akan dibor untuk diteliti ulang seberapa nilai rembesannya.

Pada kesempatan yang sama, Kuwu Desa Setupatok M.Yusuf menambahkan, kekeringan yang kerap terjadi di tiga kecamatan Cirebon Timur dikarenakan bocornya waduk Setupatok yang ada di Kecamatan Mundu. Ketiga kecamatan tersebut yakni Kecamatan Mundu, Astanajapura dan Greged. "Kebocoran waduk ini sudah sangat lama terjadi, sehingga debit air yang ada di tempat tersebut terus menyusut padahal pada waktu itu, hujan terus mengguyur," ungkapnya. (Wawi/CNC)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama