Select Menu
Select Menu

Favourite

KABAR CIREBON

INDRAMAYU

MAJALENGKA

CIREBON

KUNINGAN

JABAR

WONG CILIK

Seni Budaya

Kuliner

» » DPT Pilpres di Majalengka Bertambah 2.148 Orang


Unknown 06.03 0


MAJALENGKA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majalengka menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014 sebanyak 966.258 orang melalui rapat pleno terbuka bersama Paniti Pemilihan Kecamatan (PPK),  di kantor KPU setempat. 

Jumlah DPT tersebut mengalami kenaikan sebesar 2.148 orang bila dibandingkan dengan jumlah DPT Pemilu kemarin sebanyak 964.112 orang. Mengenai jumlah PPK tetap 26 kecamatan, PPS atau desa dan kelurahan sebanyak 343 buah, jumlah pemilih lelaki 478.916 orang dan jumlah pemilih prempuan 487.342 orang. 

Ketua KPU Kabupaten Majalengka, Supriatna usai memimpin rapat pleno tersebut mengatakan, jumlah DPT tersebut mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan Pemilihan Legislatif (Pileg) kemarin. 

"Kalau DPT Pilpres sekarang 966.258 orang, sedangkan dalam DPT Pemilu hanya 964.112 orang. Jadi ada penambahan kurang lebih 2.148 orang," kata Supriatna. 

Menurut dia, mengenai faktor penyebab bertambahnya DPT dikarenakan banyak hal. Antara lain, bertambahnya jumlah pemilih pemilu, warga yang sebelumnya tidak tercatat di Pemilu dan hal lainnya. 

"Kalau hingga saat ini masih ada warga yang belum bisa masuk DPT, itu akan dimasukan kedalam Daftar Pemilih Khusus (DPK). Jadi, kepada semua unsur masyarakat bila menemukan warganya yang tidak masuk DPT agar memberitahukannya melalui petugas KPPS, PPS atau PPK di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Majalengka," katanya. 

Bukan hanya itu, Supriatna menambahkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pilpres kali ini berkurang bila dibandingkan dengan Pemilu kemarin. 

"Ada kekurangan TPS sebanyak 185 buah. Pembatasan jumlah tersebut untuk mengefektifkan sekaligus mempermudah karena pemiliihan Pilpres relatif lebih mudah, ketimbang Pemilu dengan jumlah kertas suara yang mencapai 4 buah, seperti DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD. Sedangkan di Pilpres hanya satu buah, jadi lebih mudah," tuturnya. 

Pada kesempatan itu para timses maupun parpol pengusung tidak ada yang keberatan terhadap ditetapkannya DPT tersebut. Hanya sekedar saran dan masukan agar penyelenggaraaan Pilpres saat ini jauh lebih baik ketimbang Pemilu 2014 kemarin. 

"Tidak ada sesuatu yang mencurigkan dalam penetapan DPT tersebut. Kami hanya meminta agar KPU bersama jajaranya sebagai penyelenggara pemilu meningkatkan kinerjanya dan jangan sampai amburadul seperti Pemilu kemarin," kata timses Prabowo-Hatta, Uju Juhara saat memberikan tanggapannya usai rapat tersebut.

DPT Pilpres Kabupaten Majalengka 966.258 orang
PPK/Jumlah Kecamatan 26 buah 
PPS/desa/kelurahan 343 buah
TPS 2.587buah
Jumlah Pemilih Lelaki 478.916 orang 
Jumlah Pemilih Prempuan 487.342 orang. 

Sumber : KPU Kabupaten Majalengka

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama