Select Menu
Select Menu

Favourite

KABAR CIREBON

INDRAMAYU

MAJALENGKA

CIREBON

KUNINGAN

JABAR

WONG CILIK

Seni Budaya

Kuliner

» » Sultan Sepuh Prihatin Kuliner Lokal Mulai Ditinggalkan


Unknown 00.27 0


LEMAHWUNGKUK, (CNC).- Maraknya kuliner asing turut pula menggerus eksistensi kuliner khas keraton di Cirebon. Beberapa kuliner keraton bahkan telah hilang dan ini sangat memprihatinkan.

Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat menyebutkan, beberapa kuliner khas keraton yang eksistensinya menurun di antaranya Abing Kakap (semacam perkedel ikan yang disatai), Nasi Bogana, dan lainnya. Kondisi itu dianggap memprihatinkan mengingat kuliner merupakan pula bagian dari budaya yang mengandung kearifan lokal.

"Zaman sekarang Indonesia deras dibanjiri kuliner asing yang rata-rata siap saji hingga menggeser eksistensi kuliner lokal, tak terkecuali kuliner khas keraton," papar dia di sela acara peluncuran gerakan gemar makan gulai di Keraton Kasepuhan Cirebon, Senin (9/6).

Secara umum, generasi muda kini disebutnya tak lagi memiliki selera nusantara. Tak sedikit di antara mereka yang tak menyukai kuliner lokal, salah satunya dialami generasi muda di Cirebon.

Padahal, lanjut dia, kuliner lokal memiliki kelebihan terutama dari rasanya yang kaya karena menggunakan rempah-rempah. Selain itu, kuliner lokal juga bernilai gizi tinggi yang sesungguhnya diperlukan manusia Indonesia.

Menurut dia, Indonesia seharusnya justru mengekspor kuliner local untuk mempertahankan eksistensinya. "Untuk kuliner khas keratin sendiri, kami kerap memasukkannya sebagai salah satu materi pameran dalam festival-festival, salah satunya Festival Keraton Nusantara (FKN)," tutur dia. (Enon/CNC)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama