Select Menu
Select Menu

Favourite

KABAR CIREBON

INDRAMAYU

MAJALENGKA

CIREBON

KUNINGAN

JABAR

WONG CILIK

Seni Budaya

Kuliner

» » Siswa SMP di Kabupaten Cirebon Lulus UN 100 Persen


Unknown 19.06 0


SUMBER, (CNC).- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon akhirnya menerima hasil pengumuman kelulusan Ujian Nasional 2014 tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat. Pengumuman kelulusan tingkat propinsi se Jawa Barat itu di terima pada Jumat (13/6) sore. Dari total 34.095 peserta UN, yang diselenggarakan pada 5-7 Mei 2014 lalu, hasilnya tingkat kelulusan SMP sederajat di Kabupaten Cirebon mencapai 100 persen.

"Hasil kelulusan UN SMP tahun ini alhamdulillah melebihi target karena tidak ada satu pun peserta yang tidak lulus ujian. Kendati sempat terdapat sejumlah hambatan dalam pelaksanaannya namun tidak mempengaruhi para peserta UN untuk fokus dalam menjawab soal-soal yang diberikan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon Erus Rusmana, usai rapat pleno kelulusan SMP di kantor Disdik, Jumat (13/6) sore.

Menurut dia, selain bangga dengan hasil target capaian kelulusan Kabupaten Cirebon sendiri. Seluruh peserta UN SMP lulus 100 persen yang dibandingnkan dengan Kota/Kabupaten lainnya. Karena untuk tingkat kelulusan ditingkat Jawa barat sendiri kelulusannya mencapai 99,9 persen.

"Jadi 0,01 persen peserta UN SMP tidak lulus diantaranya sebangak 90 orang peserta dari kota dan Kabupaten se Jabar. Yakni dari 35 peserta dari SMP, 40 peserta dari SMP terbuka serta dari 15 siswa MTS dan semuanya dari luar Kabupaten Cirebon," kata dia.

Dikataknya, untuk di Kabupaten Cirebon sendiri, jumlah keseluruhan peserta UN SMP mencapai 34.095 peserta dari total sekolah 176 sekolah, yakni 74 dari sekolah SMP Negeri, 5 sekolah dari SMP Satu Atap (Satap), 19 dari sekolah SMP terbuka 19, serta 78 dari sekolah swasta dan 102 dari sekolah MTS Negeri dan Swasta.

"Untuk rincian seluruh sisiwa peserta UN sendiri yakni sebanyak 24.187 orang dari SMP Negeri dan Swasta dan 9.838 siswa peserta dari MTS Negeri dan Swasta, sehingga total keseluruhannya 34.095 orang," tambah Erus.

Hasil UN tahun ini cukup membanggakan, kata dia, sekaligus perlu diapresiasi oleh semua pihak atas kelulusan peserta UN tinkat SMP di Kabupaten Cirebon. Walaupun pada pelaksanaannya terjadi kekhawatiran, karena terdapat sejumlah permasalahan dan terdapat lembar jawaban UN yang sempat tertukar dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

"Hasil 100 persen belum membuat kami puas, karena saat ini disdik tengah melakukan evaluasi rata-rata hasil nilai UN," ujarnya. (Enon/CNC)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama