Select Menu
Select Menu

Favourite

KABAR CIREBON

INDRAMAYU

MAJALENGKA

CIREBON

KUNINGAN

JABAR

WONG CILIK

Seni Budaya

Kuliner

» » Kabupaten Cirebon Masih Berpotensi Dirikan Koperasi


Unknown 05.43 0


CIREBON - Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon, Ma'mun Effendi mengatakan meski banyak koperasi yang sekarat, Kabupaten Cirebon punya potensi untuk pendirian koperasi. Sejumlah koperasi, katanya, masih bisa berdiri terutama di tingkat desa atau kelurahan. 

Adanya komunitas majelis taklim, pemuda, karang taruna, petani, wanita, dan sebagainya berpotensi untuk didirikan lagi beberapa koperasi. "Tinggal buat badan hukum agar resmi sebagai koperasi," kata dia di Sumber, Selasa (24/6).

Hingga saat ini, kata dia belum semua desa/kelurahan di Kabupaten Cirebon punya koperasi. Dari 424 desa/kelurahan, katanya, baru ada 39 koperasi tingkat desa. Namun dari angka itu, hanya 50% yang aktif.

Dia mengatakan sesuai dengan visi misi Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadi bahwa tiap desa ada koperasi. Namun, pemerintah tidak akan memaksaklan setiap desa mendirikan koperasi. "Kami hanya mendorong dan memotivasi agar di desa memiliki koperasi, agar masyarakat desa makin sejahtera," ujarnya.

Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadi membenarkan berkeinginan mengembangkan koperasi unit desa (KUD) di tiap desa atau kelurahan di Kabupaten Cirebon. "Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa, khususnya dalam permodalan, karena UMKM ini butuh modal," katanya.

Tentang 80 koperasi di Kabupaten Cirebon tidak aktif, Sunjaya mengatakan akan membuat langkah-langkah untuk merangsang kembali koperasi tersebut aktif lagi. Langkah itu dilakukan melalui Dinas Koperasi dan UMKM. (TRIBUN)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama