Select Menu
Select Menu

Favourite

KABAR CIREBON

INDRAMAYU

MAJALENGKA

CIREBON

KUNINGAN

JABAR

WONG CILIK

Seni Budaya

Kuliner

» » 10 Siswa Asal Pantura Berangkat Magang Nelayan Ke Jepang


Unknown 19.02 0


BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberangkatkan 10 siswa untuk magang menjadi nelayan di Jepang selama tiga tahun.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jafar Ismail mengatakan keberangkatan para siswa ini didasari masih belum optimalnya potensi kelautan di Jabar tergarap.

 “Potensi sumber daya kelautan dan budidaya itu besar, tapi belum termanfaatkan secara optimal,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Rabu (4/6/2014).

Menurutnya pemberangkatan siswa ke Ishinomaki, Jepang tersebut sudah dilakukan sejak 2007 silam. Di mana, sampai saat ini jumlah alumni magang sebagai nelayan dari Jabar berjumlah 84 orang.

“Sekarang sudah masuk angkatan ke tujuh yang berangkat,” katanya.

Dari catatan Diskanla, sejak 2007 ada 11 siswa berangkat, selanjutnya pada 2008 ada 11 siswa, 2009 9 orang, 2010 ada 15 orang siswa, 2011 30 siswa dan dan 2013 8 siswa.

 “Sebetulnya yang lulus audisi di dinas tahun ini ada 32 orang lulus, 10 orang yang sudah mengikuti pendidikan selama 4 bulan yang siap berangkat ke Jepang Juni nanti,” paparnya.

Menurut Jafar, kebanyakan siswa yang berangkat ke Jepang berasal dari Pantai Utara Jabar seperti Cirebon dan Indramayu. Dalam pelepasan yang dihadiri Wagub Jabar Deddy Mizwar tersebut diberikan pula beasiswa bagi siswa SMP anak nelayan yang miskin sebanyak 20 orang. (Bisnis)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama