Select Menu
Select Menu

Favourite

KABAR CIREBON

INDRAMAYU

MAJALENGKA

CIREBON

KUNINGAN

JABAR

WONG CILIK

Seni Budaya

Kuliner

» » Walikota Cirebon Ano Sutrisno Menjamin Penerimaan Siswa Baru tidak akan ada Titip-Mnitip


Unknown 20.28 0


KEJAKSAN, (CNC).- Menanggapi kritikan sistem online pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2014 itu rentan praktik kecurangan dengan memanfaatkan sistem online, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon berjanji menjamin bahwa tidak akan ada titip-menitip pada pendaftaran calon siswa baru dengan sistem online tersebut.

“Sistem online PPDB tidak akan ada kecurangan,” ujar Wali Kota Cirebon, H Ano Sutrisno saat ditemui usai meninjau penilaian lomba UKS di SMAN 2 Kota Cirebon.
Ano mengatakan, pihak yang bertanggung jawab mengelola situs PPDB online adalah Dinas Pendidikan (Disdik). Pihaknya mengatakan pejabat pemkot tidak dapat mengintervensi kebijakan operasional website tersebut. Namun pihaknya memastikan, operator situs PPDB yang dikendalikan oleh Disdik Kota Cirebon tersebut bisa dipertanggung jawabkan.

“Kami memastikan bahwa operatornya bisa dipertanggung jawabkan,” terangnya.

Saat ditanya berapa jumlah operator yang berwenang mengelola situs tersebut, pihaknya juga memastikan admin pengelola situs itu hanya satu orang saja. Saat disinggung, jika tahapan pelaksanaan pendaftaran calon siswa baru ditengarai ada oknum pejabat yang memanfaatkan sistem opesional PPDB online untuk menitip calon siswa baru, Ano juga menjamin tidak akan terjadi masalah demikian.

“Soal pengelolaan PPDB online, lebih jelasnya tanya saja ke Dinas Pendidikan,” ungkapnya.

Saat dimintai keterangan, pengamat pendidikan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Rizky Padhilah menilai PPDB online sangat rentan disalahgunakan. Diterangkannya, pejabat pemerintah yang memiliki kuasa kebijakan, sangat mudah memanfaatkan sistem operasional PPDB online untuk titip menitip. Warga asal Kesambi itu juga menilai, harusnya pemerintah Kota Cirebon transparan siapa saja orang yang bertanggung jawab mengelola situs PPDB online.

“Jangan sampai ada pihak yang mencoba memanfaatkan PPDB online, karena sistem online itu sangat rentan ada kecurangan,” pungkasnya.

Terkait mekanisme PPDB online, Kepala Dinas Pendidikan, Wahyo belum bisa mengatakan mekanisme pengelolaan PPDB online. Alasannya, aturan PPDB 2014 di Kota Cirebon belum diresmikan pihak pemerintah Kota Cirebon.

“Belum diresmikan, masih dalam proses, kita tunggu saja,” terang Wahyo. (Iwe/CNC)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama