Select Menu
Select Menu

Favourite

KABAR CIREBON

INDRAMAYU

MAJALENGKA

CIREBON

KUNINGAN

JABAR

WONG CILIK

Seni Budaya

Kuliner

» » Badan Amil Zakat Kabupaten Cirebon berikan Program Bedah Rumah ke 52 Kepala Keluarga Di Kabupaten Cirebon


Unknown 20.22 0


SUMBER, (CNC).- Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Cirebon, kembali menyalurkan dana sebesar Rp 540 juta kepada 52 kepala keluarga (KK) yang tersebar di 40 kecamatan untuk perbaikan rumah tidak layak huni (Rutilahu). Dana tersebut di perolehnya dari dana zakat, infaq, maupun shodaqoh (ZIS).

Keberadaan BAZ sendiri kian hari terus berkembang baik dalam menghimpun maupun menyalurkan dana zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS) pada yang berhak. Dengan misi BAZ Kabupaten Cirebon tersebut, diterjemahkan dalam beberapa program kerja, yakni sadar zakat, taqwa, peduli, cerdas, makmur dan sehat.

Tahun lalu BAZ Kabupaten Cirebon telah menyalurkan sebesar Rp525 juta untuk program rutilahu sebanyak 44 unit bagi masyarakat miskin di Kabupaten Cirebon. Sedangkan untuk tahun ini ada kenaikan menjadi 52 unit (KK) dengan besaran per unit Rp 5-12 juta.

Bendahara BAZ Kabupaten Cirebon, H. Sambas menerangkan, dalam pelaksanaannya, penyaluran zakat kali ini disaksikan langsung oleh Sekda Kabupaten Cirebon, Dudung Mulyana yang digelar di kantor sekertarian BAZ setempat.

Sehingga, melalui program sadar zakat untuk mendorong kesadaran membayar zakat kepada para PNS, pengusaha muslim, sektor usaha dan masyarakat umum. Hasilnya, kesadaran umat Islam di Kabupaten Cirebon utamanya para PNS dalam mengeluarkan zakat profesi semakin meningkat.

"Alhamdullilah, dari tahun ke tahun dana ZIS yang dihimpun terus tumbuh. Untuk Tahun 2013 saja dana yang terkumpul sebesar Rp 900 juta dan naik menjadi 1,1 milyar pada tahun 2014 ini," ujar Sambas kepada "FC" usai pelaksanaan penyaluran zakat, Kamis (22/5).

Sambas menambahkan, untuk dana yang dihimpun kemudian ditashorufkan (disalurkan) kepada yang berhak dengan beberapa sistem. Yakni secara reguler dan secara esidental atau kasuitas untuk disalurkan kepada asnaf, yakni fakir miskin, sabilillah, ibnu sabil, ghorim, dan mualaf sehingga masyarakat percaya kepada BAZuntuk menyalurkan zakatnya.

"Program peduli bedah rumah dari bantuan yang diberikan setiap rumah mendapatkan sebesar sekitar 5 juta hingga 1,2 juta, yang disalurkan secara amanah, profesional, transparan serta bersih diri dan harta dengan Zakat. Selain itu, kami juga memiliki beberapa program penyalura zakat pada bulan suci ramadhan yang sebentar lagi akan datang,"jelasnya.

Ditempat terpisah salah satu penerima manfaat Lalan warga Lingkung Pon RT/04 RT/02 Kelurahan Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon mengaku sangat senang dengan adanya bantuan dari pemerintah Kabuapten Cirebon melalui BAZ.

“Saya sangat terbantu dengan adanya program ini, sehingga anggaran yang di beriaknya akan dia pergunakan sebagik mungkin untuk merehab rumah yang ditinggalinya,”kata Lalan diiyakan istrinya Wasiri. (Enon/CNC)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama