Select Menu
Select Menu

Favourite

KABAR CIREBON

INDRAMAYU

MAJALENGKA

CIREBON

KUNINGAN

JABAR

WONG CILIK

Seni Budaya

Kuliner

» » Pemkot Cirebon Janji Benahi Pengelolaan Sampah


Unknown 17.31 0


KESAMBI, (CNC).- Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon berjanji akan mengatasi masalah sampah yang akhir-akhir membuat resah masyarakat Kota Cirebon. Wali Kota Cirebon, H Ano Sutrisno berjanji akan segera mengatasi persoalan sampah yang sudah mengganggu kenyamanan warga.

“Segera mungkin kami akan menyelesaikan maslah ini, dan pemerintah sudah punya strategi pembenahannya,” katanya kepada sejumlah awak media, Senin (9/6) kemarin.

Ano mengatakan, pembuangan sampah di Kota Cirebon, saat ini menjadi persoalan yang serius. Dia menjelaskan, Tempat Pembunangan Akhir (TPA) Kopiluhur di Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti waktunya tinggal dua tahun lagi. Sehingga, kondisi TPA yang sudah tidak layak itu, menurutnya harus ada pembenahan untuk menyelesaikan masalah sampah di lokasi tersebut. Pihaknya mengaku sudah mengonsultasikan persoalan demikian dengan berbagai pihak terkait untuk bersama-sama mencari solusi masalah tersebut.

Dia mengatakan, Pemkot Cirebon sudah mendapatkan dua strategi penanganan, yang pertama pihaknya akan membuat Bank sampah dengan di tingkat RW. Upaya itu dilakukan, agar warga kota bisa secara tertib membuang sampah dan membudayakan hidup sehat. Kedua, pihaknya akan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk membuat TPA sampah dengan ukuran besar. Dia menjelaskan, di Kota dan Kabupaten Cirebon, pembuangan sampah menjadi persoalan yang serius dan di Cirebon sudah tidak ada lahan lagi untuk membuat TPA. Sehingga, masalah demikian harus ditangani bersama.

“Pembuatan TPA sampah regional ini akan difasilitasi oleh pemerintah Jawa Barat, dan baik Kota dan Kabupaten Cirebon sudah menyepakati rencana ini, kami akan membuat TPA sampah regional ini dengan desain yang menarik dan terbuat dari beton agar tahan lama,” paparnya.

Sementara warga Kalijaga Permai, Rustani mengaku kerap mencium bau yang tidak tidak sedap dengan keberadaan TPA Kopiluhur itu. Semua warga di sekitar TPA Kopiluhur, mengaku mengeluh dengan bau yang menyengat dari tempat pembuangan sampah itu. Dia hanya bisa berharap, agar pemerintah sebepatnya menyelesaikan masalah sampah di Kota Cirebon.

“Pemerintah harusnya segera membenahi masalah ini, warga disini sudah lama tidak nyaman dengan bau tidak sedap dari TPA Kopilihur itu,” paparnya. (Iwe/CNC)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama