Select Menu
Select Menu

Favourite

KABAR CIREBON

INDRAMAYU

MAJALENGKA

CIREBON

KUNINGAN

JABAR

WONG CILIK

Seni Budaya

Kuliner

» » Narapidana di Rutan Cirebon ikuti pelatihan membatik


Unknown 05.24 0


Para narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Cirebon, Jawa Barat, mengikuti pelatihan keterampilan membatik khas daerah pantai utara. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan mereka agar bisa berkarya saat keluar dari Rutan.

Kepala Rumah Tahanan Kelas I Cirebon Rochkiman, mengatakan para narapidana diarahkan mengikuti berbagai kegiatan di bengkel rutan, salah satunya program belajar membatik.

Pelatihan membatik, dipilih untuk meningkatkan kemampuan para narapidana, sehingga setelah mereka keluar dari rutan dibutuhkan masyarakat.

"Hasil karya mereka cukup memuaskan, dengan pembimbing keterampilan dari luar diharapkan, mereka mampu berkarya," kata Rochkiman, di Cirebon seperti dikutip dari Antara, Senin (9/6).

Pihak Rutan Cirebon terus membina para narapidana. Para napi selain menjalani pelatihan membatik, antara lain juga kreasi unggulan pembuatan mebel rotan sintetis dan tata rias rambut, serta kerajinan tangan lainnya dengan memanfaatkan bahan limbah.

Seorang narapidana berinisial Cas mengharapkan keterampilan membatik bisa diandalkan, setelah kembali ke masyarakat. Cas juga mengatakan selama di dalam rutan, para narapidana tetap berkarya. Dia mengatakan pelatihan kerajinan batik tulis diminati narapidana.

Napi lainnya, kata dia, juga berminat belajar membuat mebel rotan sintetis dan tata rias rambut. "Semua kegiatan bengkel napi bermanfaat dan mampu mengembangkan keahlian," kata Cas.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama