Select Menu
Select Menu

Favourite

KABAR CIREBON

INDRAMAYU

MAJALENGKA

CIREBON

KUNINGAN

JABAR

WONG CILIK

Seni Budaya

Kuliner

» » Masuki Tugas Akhir Kuliah, Joki Skripsi Marak di Cirebon


Unknown 19.42 0


KESAMBI, (CNC).- Memasuki tugas akhir perkuliahan, penawaran joki atau jasa pembuatan skripsi semakin marak. Di sejumlah tempat di beberapa kampus di Kota Cirebon ditemukan beberapa pamflet atau selebaran jasa pembuatan skripsi dan tesis bagi mahasiswa tingkat akhir. Salah satu mahasiswa IAIN Syehkh Nurjati Cirebon, Sugih Rahayu mengatakan di beberapa tempat fasilitas umum di sekitar kampusnya banyak ditemukan poster atau pemflet yang menawarkan diri sebagai joki skripsi.

“Saya menemukan banyak pamlfet yang di dalamnya tertera nomor kontak dan tulisan SKRIPSI dan TESIS,” kata Sugih yang sedang menunjukan pemflet joki pembuatan skripsi, Senin (2/6).

Sugih membenarkan, memasuki tugas akhir perkuliahan menjelang ujian sidang skripsi banyak menemukan edaran pamflet yang serupa. Ia juga mengatakan, jasa pembuatan skripsi sangat dicari oleh rekan-rekannya yang sedang sibuk membuat tugas akhir kuliah itu. “Joki skripsi ini ngga siapa orangnya biasanya sih rahasia mas,” paparnya.

Sementara mahasiswa tingkat akhir, Asep Rizky Phadilah menilai banyaknya joki pembuatan skripsi itu adalah salag satu bukti kebobrokan pendidikan di Indonesia. Ia menilai, baik mahasiswa yang menggunakan jasa atau joki sama-sama sudah mencemari dunia pendidikan. Dikatakannya, komisi disipilin di berbagai perguruan tinggi mestinya harus bersikap tegas kepada mahasiswa yang sudah melakukan plagiasi. “Ini jelas sudah melanggar etika keilmuan, karena sudah mencuri karya tulis orang lain atau mengatas namakan dirinya padahal karya orang lain,” ujarnya. (Iwe/CNC)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama