Select Menu
Select Menu

Favourite

KABAR CIREBON

INDRAMAYU

MAJALENGKA

CIREBON

KUNINGAN

JABAR

WONG CILIK

Seni Budaya

Kuliner

» » Legenda Percintaan Asli Cirebon Dipentaskan Dalam Pasanggiri Jabar


Unknown 18.32 0


CIREBON - Cerita legenda asal Cirebon tentang percintaan “Baridin dan Ratminah” dipentaskan dalam acara Pasanggiri Seni Tari, Musik dan Teater yang digelar lBadan Koordinasi Pemerintah dan Pembangunan (BKPP) Cirebon mulai 21-22 Juni 2014.

Pasanggiri Seni Tari, Musik dan Teater yang digelar BKPP Cirebon merupakan ajang kompetisi se-wilayah III Cirebon mulai dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kuningan, Majalengka dan Kabupaten Indramayu dari bidang seni tari, musik dan teater.

Adapun kisah legenda Baridin dan Ratminah dipentaskan peserta dari Kota Cirebon pada lomba teater dan mendapat sambutan meriah dari para penonton karena dalam kisah tersebut sarat akan pesan moral dan kisah cintanya sangat mengharukan.

Kelompok teater yang berisi 25 personil dengan sutradara Ade Fachtullah dari Kota Cirebon mengisahkan sosok Baridin seorang laki-laki dari keluarga miskin yang jatuh hati pada Ratminah kembang desa yang berasal dari keluarga kaya.

Rasa cinta yang dimiliki Baridin ternyata bertepuk sebelah tangah, bahkan saat keluarga Baridin mencoba melamar sang bunga desa (Ratminah), malah mendapatkan hinaan dari keluarga Ratminah karena status sosial keluarga Baridin.

Kecewa dan dendam menyelimuti Baridin karena bukan hanya menghina, Ratminah juga mengusir ibunda Baridin bahkan meludahinya.

Baridin kemudian melakukan ritual dengan berpuasa selama 40 hari sambil komat-kamit membaca mantra kemat jaran goyang (semacam ilmu pelet) hingga membuat Ratminah gila dan mencari Baridin dan saat dipertemukan keduanya meninggal.

Penampilan teater yang menyuguhkan kisah Baridin dan Ratminah oleh sutradara Ade Fachtullah dari Kota Cirebon berhasil menyentuh hati para penonton bahkan beberapa penonton perempuan yang hadir di Ballroom Hotel Apita Cirebon meneteskan air mata karena terharu.

Dewan juri akhirnya menetapkan pertunjukan teater Baridin dan Ratminah sebagai pertunjukan terbaik di Pasanggiri BKPP III Jabar dan Ade Fachtullah sebagai sutradara terbaik, dan bagi peserta terbaik akan bertemu di Bandung dengan pemenang dari daerah lainnya.(Bisnis Jabar)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama