Select Menu
Select Menu

Favourite

KABAR CIREBON

INDRAMAYU

MAJALENGKA

CIREBON

KUNINGAN

JABAR

WONG CILIK

Seni Budaya

Kuliner

» » Disnak Jabar : Pasokan Daging Jabar Aman Hingga Lebaran


Unknown 00.25 0


BANDUNG - Pasokan daging sapi dan ayam untuk kebutuhan Bulan Ramadhan dan Lebaran 2014 di Jawa Barat cukup aman, kata Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Jabar Dody Firman di Bandung, Kamis.

"Berdasarkan pantauan terakhir terkahir pasokan sapi potong dari sejumlah daerah untuk Jabar cukup normal, sehingga pasokan untuk Ramadhan dan Lebaran aman," kata Dody.

Ia menyebutkan kebutuhan daing Jabar pada Ramadhan dan Lebaran nanti sekitar 17.860 ton. Meski stok saat ini hanya 3.247 ton, namun beberapa daerah siap memasok daging bagi Jabar seperti dari Jateng, Jatim, NTB dan Bali.

Ia menyebutkan, pasokan dari keempat daerah produsen sapi potong itu sebesar 14.902 ton yang sudah siap kirim ke Jabar baik melalui jalur Pantura maupun selatan Jabar.

Selain itu, Jabar juga mendapat pasokan daging impor dari Selandia Baru yang kuotanya sudah ditetapkan. Namun daging impor diproyeksikan untuk kebutuhan industri perhotelan dan restoran.

"Untuk pasokan daging sapi kemungkinan ada surplus, sehingga diharapkan bisa menekan kenaikan harga jual," katanya.

Selain itu stok daging ayam juga diprediksi berlimpah. Stok atau ketersediaan daging ayam saat ini sekitar 592.878 ton, sedangkan kebutuhan daging ayam Jabar pada musim Ramadhan dan Lebaran mencapai 248.660 ton.

"Pengawasan distribusi dan pasokan daging ayam dan sapi dilakukan intensif karena komoditas itu paling diburu saat Ramadhan dan Lebaran nanti, juga telor ayam," katanya.

Dinas Peternakan Jabar juga melakukan pengawasan kesehatan hewan dengan meningkatkan pengawasan di cek point yakni di Losari Cirebon dan Bogor.(Antara)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama