Select Menu
Select Menu

Favourite

KABAR CIREBON

INDRAMAYU

MAJALENGKA

CIREBON

KUNINGAN

JABAR

WONG CILIK

Seni Budaya

Kuliner

» » BPPT Kabupaten Cirebon Targetkan Investasi di Tahun 2014 Sebesar Rp. 756 M


Unknown 20.06 0


SUMBER, (CNC).- Sembilan sektor usaha yang ada di Kabupaten Cirebon seperti usaha pertanian, pertambangan, industri pengolahan, konstruksi jasa-jasa, keuangan reale estate dan jasa perusahaan, pengakutan dan komunikasi, perdagangan, hotel dan restoran serta listrik, gas dan air bersih menjadi target Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Cirebon pada tahun 2014 ini dan diperkirakan akan memberikan investasi sekitar Rp756 miliar.

“Target kita dalam satu tahun Rp756 miliar dan saat ini selama empat bulan terakhir, sejak Januari sampai April 2014, realiasi investasi baru Rp379 milyar,” ujar Kepala BPPT Kabupaten Cirebon, Agas Sukma Nugraha saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (22/5).

Menurut dia, tren investasi setiap tahunnya terus mengalami peningkatan jika melihat dari laju pertumbuhan ekonomi.

“Setiap tahun kita selalu menargetkan 6 persen investasi masuk, tapi insya Allah di tahun ini bisa lebih diangka tersebut,” katanya.

Investasi yang masuk ke Kabupaten Cirebon, kata Agas cenderung ke industri pengolahan , perumahan, listrik dan gas. Tapi, ditahun ini, aka n ada empat perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Cirebon.

Tiga diantaranya beroperasi di kawasan tol Cikapa atau di Palimanan disebutkan, tiga perusahaan yang akan beroperasi dikawasan Palimanan tersebut yakni PT Pintex, CV Mustika Mandiri, PT Darma Elektrotrindo.

Untuk PT Pintex, perusahaan yang bergerak dibidang tekstile ini melakukan perluasan lahan dengan nilai investasi Rp235 miliar serta penambahan pabrik baru di lahan seluas 56 ribu hektar dengan nilai investasi Rp214 triliun.

Sementara itu, untuk CV Mustika Mandiri yang bergerak di industri furniture, alumunium, rotan dan kayu memiliki nilai investasi Rp7,150 miliar. Untuk PT Darma Elektrotrindo. Industri yang bergerak di bidang komponen otomotif tersebut bernilai investasi Rp23 miliar.

"Satu perusahaan yakni PT Tanjung Jati Power Company di kawasan timur Cirebon baru pembebasan lahan, tanah yang sudah dibebaskan nilai investasinya Rp307 miliar,"ujarnya.

Masuknya para Investor di Kabupaten Cirebon tersebut tidak melepas kemungkinan merupakan pengaruh dari pembangunan tol Palikanci, Cikapa dan Cisandawu yang saat ini sedang dalamn proses pembangunan.

Dia menamgahkan, laju pergerakan ekonomi Kabupaten Cirebon akan semakin maju jika tol Cikapa sudah rampung dibangun. Melihat peluang tersebut, BPPT Kabupaten Cirebon pun akhirnya menaikkan target investasi Kabupaten tahun 2014 sebesar 10 persen atau Rp756 miliar dari target tahun lalu Rp687 miliar. "Kalau tahun kemarin realisasi investasinya Rp744 miliar, dan tahun ini diharapkan akan meningkat dengan banyaknya investasi yang ada," imbuhnya. (Enon/CNC)
 

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama