Select Menu
Select Menu

Favourite

KABAR CIREBON

INDRAMAYU

MAJALENGKA

CIREBON

KUNINGAN

JABAR

WONG CILIK

Seni Budaya

Kuliner

» » Pesisir Pantai Indramayu 60% Terkena Abrasi


Unknown 19.07 0


INDRAMAYU-- Data Seksi Konservasi dan Pemulihan Kualitas Lingkungan Hidup, Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu menyebutkan sedikitnya 60% garis pantai di wilayah tersebut terkena abrasi.

Adapun total panjang pantai di Kabupaten Indramayu sebanyak 147 Km, dan kini kondisinya semakin tergurus (abrasi). Kondisi ini menimbulkan keprihatinan dari kalangan masyarakat khususnya yang berada di sekitar garis pantai.

Ketua Kelompok Jaka Kencana Desa Pabean Udik di Kabupaten Indramayu Abdul Latif mengatakan penyebab banyaknya abrasi disebabkan menipisnya hutan mangrove yang beralih menjadi tambak udang.

Dia menuturkan kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga ekosistem pantai membuat abrasi sulit dikendalikan. "Perlu gerakan menyadarkan kembali masyarakat untuk menanam mangrove lagi," katanya, Senin (2/6/2014).

Abdul mengungkapkan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat perlu usaha keras karena proses pengalihan fungsi hutan mangrove telah berlangsung cukup lama. "Selama ini pohon mangrove banyak yang ditebang," ujarnya. (k3)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama